Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Google Maps Bikin Rute Motor dan Ganjil-Genap Buat Indonesia

Journalist: Adi Fida Rahman | Red IT: Firman Wage Prasetyo | Selasa, 20/03/2018 | 16:56 WIB
Sponsor
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Suasana peluncuran. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
IPTEK
Jakarta, GetarMerdeka.com - Di Google Maps, fitur pencarian rute berdasar kendaraan roda dua atau sepeda motor sudah tersedia di Indonesia. Bagaimana cara menggunakannya?
Adanya mode sepeda motor dapat mengambil rute perjalanan yang tepat. Jadi pengemudi motor tidak lagi diarahkan ke rute mobil, seperti jalan tol.
Selain itu Google akan memberikan jalur pintas kepada pengendara. Sehingga rute perjalanan akan lebih cepat.
"Fitur ini sudah dikembangkan empat bulan. Melibatkan Google Street View, Local Guide, dan pihak ketiga," ungkap Krish Vitaldevara, Group Product Manager Google Maps saat acara peluncuran di Jakarta, Selasa (20/3/2018).
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Rute Motor di Google Maps Tersedia di IndonesiaRute motor di Google Maps. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Untuk bisa menggunakan rute motor cukup mudah. Terlebih dulu pastikan aplikasi Google Maps sudah terupdate ke versi 9.73.3 di Play Store. Bila sudah jalankan aplikasi tersebut.
1. Masukan alamat yang akan dituju
2. Klik Direction
3. Kita akan melihat opsi motor di bagian atas
4. Setelah menekan opsi tersebut, kita akan diberikan petunjuk arah dengan motor
Tapi perlu diingat, meski telah hadir di Indonesia, layanan ini belum sepenuhnya hadir di seluruh daerah. "Saat ini baru tersedia di daerah yang banyak pengendara motornya, seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota besar yang banyak motornya," ungkap Krish.
Fitur Ganjil-Genap
Selain fitur rute motor, Google memberikan dua fitur baru lain di layanan peta digitalnya. Kini Google Maps memiliki sistem ganjil dan genap.
Jadi ketika menggunakan rute mobil, akan muncul opsi ganjil genap di bagian tas. Setelah menekannya kita akab diminta untuk memilih plat nomor yang digunakan. Dari sini, Google Maps akan memberikan jalur yang sesuai saat aturan ganjil genap diberlakukan.
"Fitur ini pertama kali kami luncurkan di Indonesia. Rencananya kami akan mengaplikasikan kota-kota lain di dunia," kata Krish.
Google Maps kini mengetahui jadwal Car Free Day (CFD). Jadi selama berlangsungnya kegiatan tersebut, layanan peta digital ini tidak akan melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor.
"Fitur CFD ini sudah tersedia di 30 kota," ungkap Krish.
[dtc/fyk/rou/gmc]
Sumber : detikcom



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT