Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Rohmi Dinilai Perempuan Tangguh di Pilgub NTB

Sabtu, 31/03/2018 | 21:24 WIB
Reporter: Nur Imansyah | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Baiq Indraningsih. (Foto/Ist).
Mataram (NTB) GetarMerdeka.com - Aktivis lingkungan asal Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan Baiq Indraningsih menilai sosok Sitti Rohmi Djalilah adalah perempuan tangguh dalam peta pertarungan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat 2018.
"Suara perempuan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) selama ini dianggap hanya pelengkap. Padahal, jumlah suara perempuan tak bisa diremehkan. Cukup banyak. Potensi itu memungkinkan munculnya keterwakilan perempuan di tengah hegemoni kaum pria dalam Pilkada NTB," kata Baiq Indraningsih di Mataram, Sabtu.
Calon Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah adalah pasangan calon Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah.
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - (Foto: Istimewa)
"Perempuan NTB jangan sekadar memilih. Kita cetak sejarah dengan memantapkan pilihan ke pasangan Zul-Rohmi," ujar perempuan yang akrab disapa Baiq Inde ini.
Untuk itu, pada 27 Juni 2018, ia menyerukan para perempuan harus menggunakan hak pilihnya sebagai perempuan NTB. Apapun partai dan golongannya jangan ragu mencari yang jilbab hijau nomor 3, lalu coblos.
Menurut Baiq Inde, sebagai perempuan NTB tidak ada kata lain selain mendukung penuh sesama perempuan maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2018. Ini dianggap "kaffah" sebagai perwujudan hak perempuan yang terwakili di segala bidang.
"Jadi bukan sekadar perempuan yang hanya tau sumur, dapur, dan kasur," katanya.
Para perempuan, lanjutnya, bukan sekadar ikut sebagai tim "hore-hore" dalam segala pesta demokrasi di daerah ini. Kodrat perempuan sebagai Ibu tentu yang utama tapi sifat dasarnya sebagai pengayom terlihat. Hal ini pula yang tak bisa dilepaskan dari sosok Sitti Rohmi.
"Beliau itu tangguh," ucapnya.
Baiq Inde menambahkan, walaupun Sitti Rohmi lebih terkenal sebagai pendidik, kakak kandung Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi ini seperti politisi yang punya kekuatan laten dan penuh pesona. Dari ratusan tempat dia kunjungi, Sitti Rohmi begitu luwes dan menguasai persoalan mendasar masyarakat.
Memang ini di luar kebiasaan calon gubernur dan calon wakil gubernur NTB yang lain, Sitti Rohmi langsung ke masyarakat tanpa batasan.
"Saya yakin pasangan calon lain tidak akan mampu melakukan hal yang sama. Selain faktor usia juga faktor fisik yang tak memungkinkan," kata Baiq Inde.
Karenanya, ia kembali mengajak semua perempuan NTB memilih Rohmi. Akademisi sekaligus aktivis perempuan ini terkenal mempunyai banyak kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan.
Inde menitip pesan kepada seluruh aktivis perempuan NTB, saatnya perempuan menunjukkan pada dunia begitu banyak perempuan tangguh di daerah ini yang bisa menjadi inspirasi bagi dunia.
Sebab, keterwakilan perempuan penting karena yang paham persoalan dan kebutuhan adalah perempuan itu sendiri.
"Percuma para aktivis perempuan berteriak menuntut adanya perempuan yang duduk di pemangku kebijakan dan isu gender ketika ada perempuan tangguh, mampu, berani maju, dan keberpihakannya pada perempuan tidak diragukan lagi, malah tidak ikut mendukung," kata Baiq Inde.
Image and video hosting by TinyPic
[ant/nur/gmc]
Sumber : AntaraNews



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT