Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Ekonomi RI masih stabil meski ada kekhawatiran perang dagang AS-China

Selasa, 03/04/2018 | 18:57 WIB
Reporter: Yayu Agustini Rahayu | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Agus Marto di Surabaya. ©2016 Merdeka.com -!Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengakui sempat terjadi kekhawatiran sebagai dampak buruk perang dagang yang sedang terjadi antara Amerika dan China. Akan tetapi, sampai saat ini kondisi pasar masih relatif stabil.
"Kita lihat pasar jauh lebih stabil dan itu sesuai perkiraan kita. Kita juga sambut baik bahwa kalau kemarin ada kekhawatiran adanya Trade War, AS ambil posisi lalu China merespons dgn berikan bea masuk untuk 128 komoditas, tapi kita lihat arah untuk ada suatu kesepahaman itu ada," kata Agus saat ditemui di Gedung DPR RI, Selasa (3/4).
Menurutnya, semua pihak terkait baik dari Amerika maupun China sudah mengambil langkah-langkah untuk mencari solusi. "Dan kita dengar pejabat terkait semua optimis bahwa Trade War akan diperoleh suatu solusi sehingga tidak perlu terjadi kondisi yang sama-sama kita tidak inginkan," ujarnya.
Seperti diketahui, Meskipun ada keberatan di seluruh dunia, pemerintah AS memutuskan untuk mengenakan tarif 25 persen untuk impor baja dan tarif 10 persen untuk impor aluminium, dengan tarif pada impor dari negara-negara termasuk China.
Menanggapi hal tersebut, China telah memutuskan untuk mengenakan tarif 15 persen atas 120 item produk-produk yang diimpor dari Amerika Serikat termasuk buah-buahan dan produk-produk terkait, serta tarif 25 persen untuk delapan item impor termasuk daging babi dan produk-produk terkait dari negara tersebut, menurut pernyataan yang dimuat di situs web kementerian.
Image and video hosting by TinyPic
[mdk/azz/gmc]
Sumber : merdekacom



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT