|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

UNBK Membentuk Siswa Kredibel dan Berkarakter

Selasa, 03/04/2018 | 18:44 WIB
Reporter: Syafruddin | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Sekda NTB Rosyadi Sayuti, saat meninjau beberapa Sekolah dengan sistem UNBK Foto: Dok.
Biro Humas NTB
Mataram (NTB) GetarMerdeka.com - Peralihan sistem ujian tersebut diyakini sebagai suatu langkah strategis dalam mengeliminir terjadinya berbagai macam bentuk kecurangan yang terjadi dalam proses ujian nasional tersebut. "UNBK ini juga diyakini akan mampu membentuk siswa-siswi yang kredibel dan berkarakter.
Untuk memastikan proses UNBK di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Selasa, (3/4/2018), Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosyadi Sayuti, M.Sc., Ph.D didampingi sejumlah jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di SMKN 4 Mataram.
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan sebuah terobosan baru dalam sistem pendidikan untuk proses ujian nasional, dari yang berbasis manual atau kertas menjadi berbasis Komputer.
Dari hasil pemantauan yang dilakukan di sejumlah SMK se-NTB, Sekda menyimpulkan, secara umum UNBK di Provinsi NTB berjalan dengan baik dan lancar, walaupun ada kendala yang terjadi di salah satu SMK karena persoalan teknis namun hal tersebut sudah dapat diatasi dan akan dilakukan ujian susulan.
“Secara umum UNBK untuk tingkat SMK di NTB berjalan dengan tertib dan lancar, walaupun ada satu SMK yang mengalami kendala teknis, namun sudah dapat diatasi dan akan dilakukan ujian susulan”, ungkapnya.
Kedepannya Sekda menghimbau, kualitas UNBK di semua jenjang pendidikan dapat terus ditingkatkan, mulai dari koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti ketersediaan daya listrik yang aman agar tidak terjadi pemadaman pada saat proses ujian dan sisitem Information technology (IT) yang betul-betul matang. Dengan demikian ia berharap kendala-kendala teknis yang terjadi sekecil apapun di lapangan dapat diminimalisir.
“Kedepan kualitas UNBK dari waktu ke waktu terus dievaluasi untuk dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas. 
Mulai dari daya listrik dan IT, sehingga kendala-kendala sekecil apapun yang terjadi di lapangan dapat diminimalisir”, imbuhnya.
Sekda berharap, dengan ujian nasional berbasis komputer ini, segala proses yang dilakukan benar-benar berjalan dengan penuh kejujuran. Sehingga proses ini akan melahirkan calon generasi-generasi emas NTB yang kredibel dan berintegritas di masa-masa yang akan datang.
Image and video hosting by TinyPic
[hms/ro3/gmc]


ADVERTORIAL

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic