Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Rusia Khawatirkan Rencana Trump Bentuk Pasukan Antariksa

Kamis, 21/06/2018 | 20:28 WIB
Reporter: Rita Uli Hutapea | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: REUTERS/Leah Milllis)
Moskow, GetarMerdeka.com - Pemerintah Rusia mengungkapkan kekhawatiran atas seruan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mendominasi eksplorasi luar angkasa dan rencananya untuk membentuk unit militer terpisah yang dinamakan Pasukan Antariksa.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, pemerintah Rusia "mencatat instruksi presiden AS itu untuk memisahkan pasukan antariksa dari Angkatan Udara."
"Hal yang paling mengkhawatirkan tentang berita ini adalah tujuan dari instruksi-instruksinya, yaitu untuk memastikan dominasi (AS) di luar angkasa," tutur Zakharova seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (21/6/2018).
Baca juga: Trump Siapkan Pasukan Khusus untuk Dominasi Luar Angkasa
Sebelumnya pada Senin (18/6) waktu setempat, dalam pidatonya di Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa "Amerika akan selalu menjadi yang pertama di luar angkasa" dan "kita tak ingin China dan Rusia dan negara-negara lainnya memimpin kita."
Trump juga menyerukan Departemen Pertahanan AS untuk membentuk "Pasukan Antariksa" yang akan menjadi cabang keenam militer Amerika, meski untuk mewujudkan hal ini membutuhkan persetujuan Kongres.
Zakharova mengingatkan bahwa AS "memelihara rencana untuk membawa senjata ke luar angkasa dengan tujuan mungkin melakukan aksi militer di sana."
Baca juga: Trump Dikritik karena Beri Hormat ke Jenderal Korea Utara
"Ini bukan berdasarkan dugaan, ini adalah memahami realitas," tutur Zakharova dalam briefing di Moskow.
"Pembangunan militer AS di luar angkasa terutama setelah munculnya senjata di sana, akan memiliki efek destabilisasi pada stabilitas strategis dan keamanan internasional," kata Zakharova memperingatkan.
Pejabat Rusia itu pun menegaskan bahwa luar angkasa harus digunakan untuk tujuan-tujuan damai. Zakharova menekankan, meski Rusia memiliki unit militer yang dinamai "pasukan antariksa", namun aktivitas mereka semata-mata bersifat defensif.
Image and video hosting by TinyPic
[dtc/ita/gmc]
Sumber : detikcom



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT