Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

TGH Safwan Hakim Wafat dalam Zikir

Kamis, 21/06/2018 | 23:19 WIB
Reporter: Lombok Post | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - TGH Safwan Hakim (Alm) Foto: Kodrat Datura/Istimewa
Lombok Barat (NTB) GetarMerdeka.com - Bumi Gora berduka. Ulama kharismatik yang juga pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hakim TGH Safwan Hakim wafat tadi malam. Almukarram wafat sekitar pukul 21.50 Wita di Puskesmas Kediri dalam usia 72 tahun, akibat serangan jantung.
Kepergiannya yang begitu tiba-tiba meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan umat Islam di NTB. Sosok ulama kharismatik yang jadi teladan itu kini sudah menghadap ke Sang Pencipta. Isak tangis dan doa-doa pun terdengar di rumah duka. Ratusan jamaah pun berdatangan ke rumah duka untuk bertakziah dan menyampaikan bela sungkawa. Sejumlah tokoh juga terlihat hadir.
Ketua Yayasan Ponpes Nurul Hakim TGH Muharrar Mahfuz mengatakan, kepergian almarhum telah meninggalkan duka mendalam. Terutama untuk seluruh keluarga besar Ponpes Nurul Hakim. Namun, satu hal yang membuat pihak keluarga tenang kata TGH Muharrar adalah TGH Safwan Hakim baru saja pulang melaksanakan ibadah umrah.
Selama Ramadan hingga Idul Fitri, ia berada di Tanah Suci Makkah melaksanakan ibadah. Setelah pulang, lalu menggelar halalbihalal dengan keluarga dan jamaah, saling maaf memaafkan.
Sampai kemudian almarhum tadi malam dilarikan ke Puskesmas Kediri dan meninggal dunia. Dalam perjalanan ke puskesmas, almarhum terdengar terus berzikir. ”Terus berzikir sampai beliau tidak sadar, terdengar lailahalilllah …” tutur Muharrar.
Sebelum berangkat umrah, sebagai pembina Ponpes Nurul Hakim, TGH Safwan sudah menata dengan baik struktur kepengurusan Yayasan Ponpes Nurul Hakim. Sehingga tidak ada hal yang akan mengganggu jalannya pendidikan di pondok pesantren. Ia juga sudah memberikan arahan kepada semua pengasuh ponpes.
”Jadi di usia 72 tahun seperti beliau sudah ada merasa sudah waktunya,” kata TGH Muharrar.
Ia juga mengundang seluruh jamaah untuk hadir dalam acara pemakaman hari ini. Rencananya jenazah akan dimakamkan bakda salat Ashar di Pemakaman Umum Kediri, Lombok Barat. Salat jenazah sudah bisa dilakukan sejak pagi di rumah duka, kemudian pukul 10.00 Wita akan dibawa ke masjid hingga Ashar.
Sekjen Ikatan Keluarga Alumni Ponpes Nurul Hakim (IKAPPNH) H Muharor Iqbal mengatakan, wafatnya sang guru membuat para alumni sangat terkejut. Sebab, sebelumnya THG Safwan Hakim dijadwalkan akan mengisi pengajian syawal bagi seluruh alumni Ponpes Nurul Hakim. Namun sebelum acara itu dilaksanakan TGH Safwan Hakim berpulang ke rahmatullah.
”Kami merasa sangat kehilangan sosok ulama yang jadi panutan,” katanya.
Sebelumnya TGH Safwan Hakim juga diketahui punya riwayat penyakit jantung. Namun demikian, baginya kepergiannya sudah menjadi kehendak Allah SWT, dan seluruh jamaah mendoakannya meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Selama hidupnya Almukarram sudah banyak berbuat kebajikan dan amal salah. Ia telah mengabdikan diri untuk membina umat melalui Ponpes dan pengajian-pengajian. Selamat Jalan Almukarram. Kami, seluruh NTB ikut berduka.
Image and video hosting by TinyPic
[lpn/ili/r8/gmc]
Sumber : Lombokpostnet



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT