|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

Gubernur NTB : Bulan Ramadan Latihan membentuk karakter menjadi lebih baik

Rabu, 08/05/2019 | 17:19 WIB
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Foto: PRCC Biro Humas NTB
Mataram, GetarMerdeka.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat didampingi oleh Isteri menghadiri Pembukaan Tadarus Al-Qur'an Majelis Taklim bertempat di Pendopo Gubernur, Rabu (8/5).
Dalam sambutannya Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc menjelaskan, menjelang bulan suci Ramadhan disetiap tempat, Masjid atau Mushola selalu didengarkan satu ayat dalam Al-Qur'an yaitu Surah Al-Baqarah ayat 183. Dimana dalam surat ini menjelaskan kewajiban berpuasa bagi orang yang beriman sebagaimana diwajibkan orang-orang sebelumnya agar bertakwa.
"Karena sering kita dengar, banyak kehilangan substansinya. Jadi tidak semua orang dipanggil oleh Allah untuk mengikuti Ramadhan itu. Hanya mereka yang kuat imannya, yang akan merasakan kesyahduan Ramadhan dan akan menghantarkan mereka pada ketaqwaan" jelas Gubernur.
Orang nomor satu di NTB ini mengatakan dipenghujung Ramadhan atau menjelang bulan Syawal, tidak hanya menyampaikan minal aidin walfaidzin atau selamat lebaran. Namun dapat merasakan ketaqwaan tersebut dibulan-bulan setelahnya.
"Orang setelah berpuasa ini, mengalami latihan panjang yang luar biasa. Sehingga di setiap hembusan nafasnya, di setiap denyutan nadinya, dia merasakan suasana baru seperti itu" tangkasnya.
Gubernur berharap untuk membentuk suatu karakter yang baru, selama bulan Ramadhan dilakukan training selama 21 hari tanpa putus. Sehingga dapat mengubah perilaku dan karakter menjadi lebih baik lagi.
"Membaca Alquran bukan semata-mata karena ingin mengkhatamkan 30 juz. Apa gunanya mengkhatamkan 30 juz tapi tidak merasakan kehadiran Allah dalam diri kita atau sepotong ayat pun tidak menancap dalam perilaku kita. Oleh karena itu, bapak-bapak dan ibu-ibu mudah-mudahan semangat ramadhan 30 hari menjadi training besar untuk merubah perilaku dan karakter" tuturnya.
Dalam kesempatan yang sama Ketua TP-PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc menjelaskan bahwa tadarusan ini merupakan acara tahunan yang rutin dilakukan setiap bulan Ramadhan sejak 20 tahun yang lalu. Tadarusan ini tergabung dari semua Majelis Taklim, Organisasi Perempuan yang ada di Kota Mataram.
"Ini adalah sebuah sarana bagi kami, kaum muslimah untuk bersilaturahim antar jamaah, antar majelis taklim, antar organisasi perempuan sekaligus kami mengisi kegiatan di bulan Ramadhan ini untuk membaca Al-Qur'an sebanyak-banyaknya" jelas Hj. Niken.
Image and video hosting by TinyPic
[hms/ro1/gmc]