Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

KEK Mandalika Akan didukung Teknologi Canggih Ramah Lingkungan

Kamis, 15/08/2019 | 15:24 WIB
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - KEK mandalika (Foto: Dok.Istimewa ©idntimescom)
Mataram, GetarMerdeka.com - Salahsatu resort wisata berkelas dunia, KEK Mandalika di Kuta Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan dilengkapi sistem pengawasan, pemantauan, pengamanan dan infrastruktur mobilitas di area menggunakan teknologi canggih ramah lingkungan (Mandalika Smart Concept).
Mandalika Smart Consept adalah pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengendalian dan pengawasan. Selain menggabungkan atau mengintegrasikan berbagai sistem dan Pembangunan infrastruktur pendukung seperti; jaringan listrik berbasis energi panel surya (PLTS), fasilitas air bersih, pengendalian Kebersihan kawasan dan pantai, circuit control system, Public wireless broadband, mobil listrik berbasis lenSolar hingga CCTV Security Solution di area circuit motoGP.
Termasuk menggabungkan jaringan listrik AC dengan jaringan listrik DC serta penggunaan tetra radio jika jaringan broadband mengalami masalah.
Otoritas pengelola ITDC didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Drs.Lalu Gita Ariadi dan Plt. Kadis Kominfotik Gde Putu Aryadi, MH, menghadirkan PT. LEN yang merupakan BUMN yang memiliki pengalaman luas dan dipercaya di kancah internasional untuk pembangunan sistem terintegrasi dibidang telekomunikasi. Mereka hadir untuk memaparkan rencana pengembangan Mandalika Smart concept tersebut kepada Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj.Sitti Rohmi Djalillah diruang kerjanya, selasa lalu (12/8-2019).
Usai mendengar laporan dari Direktur Pengembangan ITDC yang dilanjutkan pemaparan dari PT.LEN, Wakil Gubernur yang lebih akrab disapa Umi Rohmi menyambut baik konsep pembangunan mandalika smart tersebut. Menurut Wagub pengembangan Mandalika resort, dengan event sekelas MotoGP dunia yang akan digelar di kawasan itu, sudah seharusnya didukung dengan infrastruktur berstandar internasional.
(Istimewa)
Wagub Rohmi Djalilah mengingatkan bahwa pembangunan infrastruktur tersebut, perlu dirancang sebaik mungkin, termasuk pemberdayaan SDM lokal dalam bentuk transper skill dalam rangka keberlanjutan operasional dan perawatan (maintenence).
Dia juga sempat menyinggung tentang rencana pemanfaatan mobil listrik berbasis lenSolar yang lebih ramah lingkungan, di sejumlah spot  wisata. Seperti di Gili, KEK Mandalika dan destinasi lain dengan tujuan untuk memfasilitasi wisatawan dalam membawa barang/perlengkapannya.
Hal tersebut diamini Kadis DPMPT, Miq Gita sapaan akrabnya. "Mobil listrik yang ramah lingkungan ini, perlu dimanfaatkan didaerah wisata, guna membantu membawa perlengkapan berwisata mereka", jelasnya.
Gita Ariadi berharap, setiap investor yang ingin berinvestasi di NTB lebih lebih di kawasan Pantai, agar ikut mensukseskan program pemerintah dalam mengkampayekan Zero Waste.
Selain itu, investor diwajibkan untuk memperhatikan dampak pembangunan terhadap ekosistem biota laut. "Kami welcome terhadap investor, namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan", pungkasnya. (diskominfotik)
Image and video hosting by TinyPic
[INF/RO2/GMC]

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT