Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Situs Sejarah Tempo Doeloe Sarkofagus Sangka Bulan Sumbawa

Kamis, 15/08/2019 | 14:04 WIB
Catatan: Ahmad Zuhri Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Sarkofagus Sangka Bulan (Foto: Istimewa/Ahmad Zuhri)
Potensi Wisata Sumbawa memiliki kekayaan alam yang luar biasa tentunya dengan berbagai pilihan destinasi wisata alam ternyata peninggalan sejarah situs Sarkofagus menyimpan historis purbakala berusia 4000 Tahun."
Sumbawa (NTB), GetarMerdeka.com - Masyarakat sekitar menyebut situs ini dengan nama Sampar (dataran) Sangka Bulan yang berada di wilayah Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu. Kenapa di sebut Sangka Bulan? Karena saat bulan purnama tiba, apabila dilihat dari dataran ini, sang bulan akan terlihat sangat indah diapit oleh dua bukit seperti berada dalam dua genggaman tangan yang sedang menopang bulan.
(Foto dok. istimewa)
Situs ini berjarak sekitar 21 km dengan waktu tempuh berkendara sekitar 1 jam perjalanan dari kota Sumbawa Besar. Dari Desa Batu Tering kita berjalan kaki sekitar 1 jam perjalanan. Menggunakan roda dua tentunya akan lebih cepat lagi.
Situs Ai Renung berupa sarkofagus kuburan batu. Kondisinya cukup baik dan lengkap karena masih memiliki cungkup (penutup) lubangnya. Situs ini berada di 3 titik lokasi. Titik pertama terdapat 4 situs dengan relief berbentuk manusia dan buaya. Titik kedua berupa sarkofagus kuburan batu dengan cungkup lengkap, posisinya lebih tinggi dari situs yang lain dengan model yang khas. Hal ini bisa dimaknai posisinya lebih terhormat dibanding situs lainnya. Sedangkan 1 situs dititik ketiga berupa batu besar setinggi 1 meter.
Istimewa
Menurut peneliti dari prancis yang pernah melakukan penelitian terhadap situs Ai Renung, memperkirakan situs ini berusia sekitar 4000 tahun dan diyakini sebagai salah satu situs tertua didunia.(*)
Image and video hosting by TinyPic
[AZM/FB1/GMC]

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT