Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Bangun Sinergiritas OPD Wajib Tanggapi Pengaduan di Medsos mewujudkan NTB Gemilang!!

Sabtu, 28/09/2019 | 20:57 WIB
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Bimtek warganet Foto: PRCC Biro Humas NTB
Mataram, GetarMerdeka.com - Untuk memaksimalkan peran Pemerintah dalam mempublikasikan program NTB Gemilang dan kegiatan serta menjawab keluhan dan pengaduan masyarakat lewat media social, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bersama Biro Humas dan Protokol menyelenggarakan bimbingan Teknik (Bimtek) Kehumasan tentang Pengelolaan Media Sosial Untuk OPD Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemrov) Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (25/9) di komplek kantor Gubernur.
Asisten III Setda NTB, Ir. Hj. Hartina, MM., mewakili Gubernur NTB, mengapresiasi kegiatan pelatihan dan bimtek bersinergi untuk lebih mengenal media social dan memanfaatkannya untuk publikasi program NTB Gemilang.
Menurutnya di era revolusi Industri 4.0 ini perkembangan teknologi informasi sudah tidak dapat dibendung lagi. Sehingga arus informasi mengalir begitu cepat. "Pemerintah Provinsi NTB harus tanggap terhadap fenomena dunia digital ini.
Semua masyarakat mengakses informasi lewat dunia maya. “Masing-masing kita memiliki Smartphone, jangan hanya dipakai untuk menposting status, namun manfaatkan bermedia social ria untuk memberikan informasi terkait kegiatan kantor pemerintahan, masing-masing OPD wajib tanggapi pengaduan dan masukan dan ide masyarakat di Medsos,” tegas Hj. Hartina
Menurutnya, Bimtek sinergi bermedia sosial ini kegiatan strategis sekali, sebab berkembangnya informasi tidak terbatas. Tidak ada batasan untuk mengaksesnya. Namun ada dua sisi informasi yang perlu cermat dan bijak untuk memahaminya. Informasi yang bernilai positif dan negatif. Hartina mengatakan, “Ini yang perlu dicermati dan dipelajari dalam bemedia social atau berfacebookria,”pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Najamuddin Amy, menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk sinergiritas untuk mewujudkan NTB Gemilang.
Bimtek ini bukan hanya menjadi kebutuhan OPD atau Badan di lingkup Pemrov. NTB, namun lebih penting dipahami bahwa sesungguhnya untuk kebutuhan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.
Menurutnya, saat ini informasi dan data sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat di era digital. Oleh sebab itu pemerintah harus menyajikan informasi yang cepat dan mudah diakses masyarakat.
“Informasi ini bukan hanya sebagai hak asasi tetapi juga sebagai pemenuhan dari pelaksanaan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 tahun 2008, di mana peran dari seluruh OPD selaku badan publik ini harus melaksanakan keterbukaan informasinya terutama Informasi Publik dalam melaksanakan pelayanan public,” jelas mantan Komisioner KI NTB ini.
Tim PRCC Biro Humas dan Protokol bersama Dinas Kominfotik NTB telah ikut mengawasi dan memantau Media social sebanyak 46 OPD lingkup Pemrov. NTB. Masih banyak OPD yang belum memaksimalkan publikasi dan menjawab semua keluhan dan pertanyaan masyarakat di Media Sosial. Mengapa? Ini tentunya harus ada inovasi untuk disigapi bersama", ujar Najam.
Karo Humas dan Protokoler Pemprov NTB, Najamuddin Amy (Istimewa)
Ia memaparkan Biro Humas juga memilik tim yang bertugas memantau isu dan topik apa saja yang ada di NTB.
Salah satu instrumen yang digunakan di Biro Humas dan Protokol dalam manajemen operasi berbasis aplikasi. “Kami memantau dan mempelajari isu atau percakapan publik di tiga media social, yang dipakai oleh warga atau netizen yang ada di area Nusa Tenggara Barat, jumlah terbesar adalah Facebook, yang kedua Instagram dan ketiga Twitter,” jelas Najamuddin.
Menurutnya, harapan kita OPD ikut aktif mempublikasikan seluruh informasi dan kegiatan OPD dan tanggap terhadap setiap pengaduan dan pertanyaan masyarakat di Media Sosial. Karena tidak semua masyarakat dapat menyampaiakan langsung ide, masukan dan keluhan serta pengaduan lewat media yang tersedia.
Karena keterbatasan dalam segala hal, akhirnya media social dimanfaatkan untuk menyampaikan isi hatinya. “Ini perlu sigap dan cepat kita tanggapi dan jawab,” tandas Najamuddin
Pemerintah provinsi tidak berhenti bekerja setiap waktu. Setiap hari kita melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Inilah yang kemudian diberikan apresiasi oleh warga netizen, yang dilakukan oleh pimpinan daerah, mengunjungi dan mendatangi sampai ke desa-desa memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.
Bimbingan Teknis Sinergi Bermedsos untuk Sosialisasi NTB Gemilang, dengan menghadirkan paparan Kepala Seksi Dokumentasi Informasi Diskominfotik NTB H. Tarmidzi, S. Kom., ME, tentang progres Media Sosial 46 OPD lingkup Pemrov. NTB.
Selain itu, menambah khasanah literasi media dan digital juga menghadirkan narasumber dari Kabid Humas Kombes H. Purnama, SIK dan Wartawan Muhammad Azhar, Redaktur Portal Berita Suara NTB. (*)
Image and video hosting by TinyPic
[gmc/ro1/hms]

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT