|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

Search...

Warga diminta Tertib Gunakan Frekuensi Radio Sukseskan Program Zero Waste

Minggu, 22/09/2019 | 00:29 WIB
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Foto: Diskominfotik NTB
"Salah satu efek kalau tidak tertib menggunakan frekuensi radio adalah terganggunya penerbangan."
Mataram, GetarMerdeka.com - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd mengajak dan meminta masyarakat untuk bijak menggunakan frekuensi radio sebagai sarana untuk mewujudkan NTB yang aman dan berkah.
Artinya penggunaan frekuensi radio harus tertib dan memiliki izin resmi. Sebab kalau tidak tertib, akan dapat mengganggu ketertiban, bahkan mengancam keselamatan jiwa", tandas Wagub.
Salah satu efek kalau tidak tertib menggunakan frekuensi radio adalah terganggunya penerbangan.
Saat pesawat mau terbang atau mendarat, bila frekuensi tidak diatur maka akan terganggu, bisa-bisa pesawat tidak jadi mendarat,” tutur Umi Rohmi.
Hal ini disampaikan Wagub sesaat sebelum melepas peserta gerak jalan sehat serangkaian kegiatan peringatan hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) ke 74, pada acara inspiratif Expo di arena Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana Mataram, Minggu (22/9-2019).
Wagub SittivRohmi Djalilah didampingi Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Gde Putu Aryadi, S.Sos.MH, mengajak masyarakat untuk mensukseskan program NTB bebas sampah (Zero Waste). Karena menjaga kebersihan lingkungan begitu penting, bukan saja demi menjaga keseimbangan alam dan kesehatan saja.
Tetapi dengan mengelola sampah dengan baik, memilah sampah plastik dan limbah dapur atau sisa makanan mulai dari rumah tangga masing-masing, kemudian sampah itu dapat dijual di bank sampah, sehingga mendatangkan keberkahan bagi masyarakat.
”Pada CFD ini, kita sukseskan Hut Bhakti Postel ke 74 dan selama pelaksanaan acara saya himbau agar menjaga Udayana tetap bersih saat awal acara hingga selesai,” pungkas Wagub.
Pada sesi pembagian hadiah, Aryadi diberikan kesempatan pertama untuk memberikan kuis pertanyaan kepada hadirin.
Mengantar pertanyaannya, mantan Kabag Humas Pemkab Bima itu memaparkan keindahan alam dan potensi Pariwisata Nusa Tenggara Barat.
NTB telah ditetapkan sebagai destinasi unggulan prioritas nasional. Bahkan Lombok dan KEK Mandalika telah ditetapkan oleh Presiden RI sebagai destinasi super prioritas Nasional. Disamping itu, Gubernur Bang Zul dan Umi Rohmi juga telah menetapkan program pengembangan 99 Desa Wisata.
Menurut Pak Gde sapaannya, ada beberapa indikator yang wajib dipenuhi sehingga layak disebut Desa Wisata.
Salah satunya adalah desanya bersih serta lingkungannya asri dan lestari. Selain aman, masyarakatnya ramah dan kreatif, UMKM-nya maju serta seni budayanya berkembang.
Karenanya, desa yang bersih menjadi destinasi wisata diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, ujarnya.
Menurutnya kegiatan kuis, terkait program zero waste kitavakan segera mengadakan lomba vedio pendek dan iklan layanan masyarakat dengan tema " zero waste" bekerja sama dengan KPID NTB. Untuk 6 pemenang terbaik akan disiapkan hadiah menarik, jelas Gede Aryadi.
Direktur Operasi Sumber Daya Kemenkominfo RI, Dr. Dwi Handoko mengungkapkan perizinan spektrum frekuensi radio dan sertifikasi operator radio yang dikelola oleh direktorat operasi sumber daya, DITJEN SDPPI, merupakan pelayanan publik yang utama di lingkungan kementerian kominfo.
“Dulu perizinan frekuensi radio bisa 40 hari, sekarang izin tersebut dapat selesai dalam sehari.
Karena cukup dilakukan melalui online, sehingga tidak perlu menunggu lama, ini kemudahan kami dalam melayani masyarakat,” ujarnya.
Hal senada diungkapkan Kepala Balai Monitoring (Balmon) Spektrum Frekuensi NTB I Komang Sudiarta, SH., MH., pihaknya selain mensosialisasikan pentingnya tertib penggunaan Frekuensi dan perangkat Telekomunikasi agar efektif, efisien dan aman.
Komitmen untuk mendukung penuh suksesnya semua program pemerintah Provinsi NTB, khususnya program ZERO WASTE.
Inspiratif Expo yang digagas Dinas Kominfotik NTB ini menghadirkan berbagai hiburan al; Jalan Sehat dan Clean Up Cleaning dukung Zero Waste dalam rangka Hut Bhakti Postel ke-74, tarian dari Putri Cilinaya dari Sanggar Emon Tirtasari Ampenan.
Hiburan lainnya yang dipandu MC Udin Sedunia ini semarak saat kuis/ doorprize dengan beragam hadiah dari PT. Telkom Indonesia Mataram NTB, PT PLN NTB dan Prodia serta mitra Balmon dan Diskominfotik NTB. (*)
Image and video hosting by TinyPic
[gmc/ro2/inf]

Indonesia Satu

Ragam Peristiwa

Citizen Jurnalism