|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

Bang Zul: Cegah Covid-19 Aktifitas Ekonomi Warga Tak Boleh Terhenti

Kamis, 07/05/2020 | 03:19 WIB
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2020 GetarMerdek.com - Zulkieflimansyah Gubernur NTB, saat berkunjung ke pasar Mandalika Sweta Lombok, Rabu kemarin. (Foto: Dok.Istimewa/Facebookcom)
Mataram, GetarMerdeka.com - Dalam suasana Ramadhan ini, aktifitas ekonomi warga tentu saja tak boleh terhenti. Aktifitas transaksi jual beli harus terus berjalan. Namun demikian, demi mengantisipasi penyebaran virus yang lebih luas, perlu ada protokol pencegahan yang ketat, terutama di pasar yang merupakan area kerumunan.
"Saya mengunjungi pasar tradisional Mandalika di Bertais pada Rabu pagi (06/05/2020). "Saya didampingi Ketua TP PKK Provinsi NTB beserta Kepala OPD lingkup Pemprov dan Pemkot Mataram.
Kunjungan ini dalam rangka meninjau langsung keadaan dan penataan di Pasar Mandalika agar sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19", jelas Bang Zul Gubernur NTB ini.
Dalam suasana Ramadhan ini, aktifitas ekonomi warga tentu saja tak boleh terhenti. Aktifitas transaksi jual beli harus terus berjalan. Namun demikian, demi mengantisipasi penyebaran virus yang lebih luas, perlu ada protokol pencegahan yang ketat, terutama di pasar yang merupakan area kerumunan.
Saat berkunjung pagi itu, saya menyaksikan penataan lapak sudah berjarak. Para pedagang dan pembeli juga menggunakan masker, "tulis Bang Zul Zulkieflimansyah di Akun Facebooknya.
Setiap pedagang disediakan tempat di pinggir jalan, dengan garis putih segi empat sebagai pembatas interaksi pedagang dan pembeli.
"Penaung bundar berwarna hijau disediakan agar pedagang tidak kepanasan.
Harapannya, pasar berjarak ini akan jadi role model yang segera ditiru oleh masing-masing bupati/walikota untuk diterapkan di setiap pasar tradisional. Pasar harus disemprot disinfektan setiap dua hari sekali setelah pasar tutup. Pemprov akan membantu dengan alat handspryer", tuturnya.
Adanya pasar berjarak ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.
Untuk itu, para pedagang maupun pembeli diharapkan tetap patuh untuk menerapkan physical distancing, menggunakan masker, dan cuci tangan seusai transaksi", ujarnya.(*)
[gmc/fbc/jon]

Indonesia Satu

Suara Millennium

Trending Selebriti

UPDATE COVID-19 INDONESIA