|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

Gubernur minta Kontribusi Mahasiswa Peserta KKN Tematik tuntaskan Covid-19

Senin, 18/05/2020 | 15:07 WIB
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2020 GetarMerdek.com - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah saat melepas KKN Tematik Tanggap Kebencanaan Unram Priode Mei - Agustus 2020 yang berlangsung secara daring di ruang kerja Gubernur, Senin (18/5/2020) (Foto: PRCC Biro Humas NTB).
Mataram, GetarMerdeka.com - Semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh daerah diharapkan bisa menjadi modal besar untuk menuntaskan pandemi Covid-19. Termasuk para mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang baru mulai melakukan KKN Tematik secara daring di tahun 2020, diharapkan memiliki andil terhadap penanganan pandemi ini.
"Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah saat melepas KKN Tematik Tanggap Kebencanaan Unram Priode Mei - Agustus 2020 yang berlangsung secara daring di ruang kerja Gubernur, Senin (18/5/2020) memberikan motivasi agar peserta KKN tetap kreatif di tengah pandemi.
Pemprov NTB mengapreasiasi Unram atas kontribusi serta kerja kerasnya dalam membantu pemerintah menangani Covid-19. "Fakultas Kedokteran kita di Unram, dengan SDM yang luar biasa mampu melakukan tes (swab) sementara di provinsi lain belum bisa dilakukan," jelas Dr. Zul.
Ia juga berharap agar kerjasama atau kolaborasi Unram dengan para pelaku industri atau IKM/UKM di Provinsi NTB dalam berbagai hal terutama kolaborasi dibutuhkan dengan rumah sakit dan sekolah kesehatan lainnya untuk sama-sama memajukan Provinsi NTB.
Di Banyumulek Lombok Barat misalnya, Provinsi NTB memiliki Science Technology, Industrial Park (STIP). Dengan hadirnya lembaga tersebut Gubernur berharap para dosen dan juga mahasiwa-mahasiswi Unram dapat mengoptimalkannya untuk berbagai keperluan edukasi.
"Kalau Fakultas Teknik bisa menghasilkan prototipe dan pengusaha baru di bidang engineering, Insya Allah kita akan meng-upgrade kemampuan masyarakat kita untuk maju lebih baik di masa yang akan datang. Begitu juga dengan Prodi-Prodi yang lainnya," ujarnya.
Menurutnya, KKN yang dilaksanakan dalam kondisi yang tidak biasa ini dapat menjadi puncak pembelajaran yang tidak biasa. Semua relasi kemanusiaan yang dipelajari akan lebih mudah dipraktekkan di desa-desa.
Daring on zoom media Dialog
"Oleh karenanya berdayakan desa dan mudah-mudahan dengan kehadiran pemimpin masa depan NTB, Indonesia bahkan dunia ini, mampu menggairahkan desa di tengah kejenuhan masyarakat dengam hadirnya virus corona ini, menerangi banyak wajah dan menghadirkan banyak senyuman baru diantara masyarakat kita," harap Gubernur.
Sementara itu, Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur yang telah bersedia meluangkan waktu untuk memberikan semangat kepada para mahasiswa yang akan mengikuti KKN.
Pelaksanaan KKN Tematik Tanggap Kebancanaan Covid-19 ini dilaksanakan di 32 desa dengan melibatkan 1.360 mahasiswa.
"KKN Tematik Tanggap Kebencanaan ini akan dilaksanakan secara daring. Mahasiswa akan melaksanakan KKN dari rumah masing-masing, untuk memberikan edukasi pencegahan Covid-19 kepada keluarga dan tetangga sekitar," terangnya.
Mahasiswa diharapkan mampu berkolaborasi dengan Satgas desa maupun kecamatan untuk membantu mambuat pemetaan kondisi masyarakat desa, baik yang terkait dengan ODP maupun PDP Covid-19.
"Kami berharap kepada mahasiswa agar terus memacu semangat dan dapat melaksanakan KKN ini dengan sebaik-sebaiknya, berkoordinasi dengan pemerintahan daerah setempat, selalu menjalin komunikasi dengan dosen pembimbing dan yang terpenting adalah mentaati protokol kesehatan Covid-19," jelasnya. (*)
[gmc/ro1/hms]

Indonesia Satu

Suara Millennium

Trending Selebriti

UPDATE COVID-19 INDONESIA