|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB

Diskominfotik NTB Sosialisasi Regsosek dan Diseminasi Sepakat

Kamis, 03/11/2022 | 14:12 WIB | NEWS
Reporter: GetarMerdeka | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Diskominfotik NTB Getty Images ©2022 GetarMerdeka.com
Diskominfotik NTB Sosialisasi Regsosek dan Diseminasi Sepakat, Satu Data untuk Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
Mataram, GetarMerdeka.com — Penurunan tingkat kemiskinan merupakan agenda besar pemerintah sesuai dengan RPJMN 2020-2024. Berbagai kebijakan dan program khususnya perlindungan telah diterapkan, tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak tantangan seperti penargetan program perlindungan sosial yang belum sepenuhnya akurat.
Untuk menangani hal tersebut, diperlukan program yang komprehensif agar dapat merespon beragam risiko dan kerentanan baik yang bersifat fisik, ekonomi, mau pun sosial. Salah satu program yang akan dilaksanakan adalah transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang mencakup 100% penduduk.
Untuk meningkatkan pemahaman dan urgensi Regsosek, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Rapat Sosialisasi Pemanfaatan Data Registrasi Sosial Ekonomi pada OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Di Provinsi NTB, kegiatan tersebut berlangsung pada hari Rabu-Kamis 2-3 November 2022 di Hotel Astoria Mataram. Berbagai OPD Pemprov NTB dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi NTB menghadiri kegiatan tersebut baik secara luring mau pun daring.
Diskominfotik Provinsi NTB turut menghadiri kegiatan tersebut dengan diwakili oleh Statistisi Ahli Muda, Dadang Efendi, S.Sos. beserta staf.
Dalam kegiatan sosialisasi, dipaparkan materi mengenai pelaksanaan Regsosek serta pemanfaatan data Regsosek untuk keperluan perencanaan pembangunan daerah. Diharapkan melalui Regsosek pemerintah daerah dapat memanfaatkan data yang mutakhir hingga level by name by address dalam melaksanakan berbagai kebijakan, khususnya program perlindungan sosial demi mencapai percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.
Di samping Regsosek, dijelaskan juga aplikasi SEPAKAT yang dapat digunakan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan daerah.
Aplikasi tersebut meliputi SEPAKAT untuk kabupaten/kota dan SEPAKAT untuk desa/kelurahan. Kegiatan tersebut telah diimplementasikan pada beberapa desa yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
[gmc/ikp/ro3]
□BAGIKAN

Indonesia Satu

Merdeka Network

Ekonomi Bisnis

Trending Selebriti

Citizen Jurnalism