Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Cegah Pandemi Covid-19 Meluas, Program Unggulan NTB Hijau akan diaktifkan!

Selasa, 23/06/2020 | 09:31 WIB
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2020 GetarMerdek.com - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat memimpin rapat pembahasan terkait up date penanganan Covid 19 dan kelanjutan pelaksanaan program program unggulan NTB Gemilang di Ruang Anggrek Kantor Gubernur Senin (22/6/2020). (Foto: edy@diskominfotik).
Mataram, GetarMerdeka.com - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menegaskan semua program unggulan pemerintah Provinsi NTB yang berkolerasi erat dengan pencegahan wabah Covid 19 akan segera dilanjutkan dan diaktifkan kembali.
Program revitalisasi Posyandu, kampung sehat, NTB Hijau dan Zero Waste, juga Desa tangguh bencana, termasuk desa wisata, merupakan sejumlah program yang berkolerasi langsung terhadap upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19.
"Mana mungkin kita terbebas dari wabah penyakit, termasuk dari Covid 19 jika kita semua dan masyarakat tidak sejak dini membiasakan diri menerapkan hidup bersih dan sehat serta disiplin pada penerapan protokol kesehatan," ujar Umi Rohmi sapaan akrabnya saat memimpin rapat pembahasan terkait up date penanganan Covid 19 dan kelanjutan pelaksanaan program program unggulan NTB Gemilang di Ruang Anggrek Kantor Gubernur Senin (22/6/2020).
Menurut Umi Rohmi, Pandemi Covid-19 ini telah mengajari kita betapa kesehatan dan kebersihan ini jauh lebih utama dalam kehidupan kita. Karena itu, Ia mengingatkan agar masyarakat terus meningkatkan kesadaran dan keperdulian kolektif terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan. Serta mengutamakan protokol kesehatan dalam semua aktivitas keseharian kita.
"Wabah Covid ini menyapa kita, salah satu sebabnya karena kita kurang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan. Juga abai terhadap himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan", ujarnya.
Wagub meminta OPD dan seluruh jajaran terkait, agar terus memberikan edukasi secara masif. Juga melakukan pendekatan secara persuasif dan humanis sehingga masyarakat memahami protokol kesehatan dengan baik dan mampu menerapkannya.
Disamping edukasi dan himbauan, Umi Rohmi juga berharap adanya SOP atau aturan tertulis sebagai pedoman bagi masyarakat, baik di pasar maupun di destinasi wisata, disertai sanksi yang tegas. Hal itu selain untuk memberikan efek jera sekaligus juga media pembelajaran bagi dunia usaha dan contoh bagi masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. Nurhandini Eka Dewi dalam paparannya mengingatkan masyarakat agar tidak pernah menganggap enteng wabah Covid 19 ini. Ia meminta masyarakat agar terus meningkatkan disiplin dan patuh menerapkan protokol kesehatan sesuai standar dan pedoman yang ditetapkan pemerintah.
Hal itu penting, kata dr. Eka karena hingga Minggu, 21 Juni 2020, jumlah penderita positif Covid-19 di NTB telah mencapai 1.067 orang. Dari jumlah itu, meski sebanyak 736 orang sudah sembuh, tetapi tercatat angka kematian pasien positif sebanyak 45 orang, dimana 14 orang diantaranya murni karena Covid 19, atau meninggal dunia tanpa komorbid.
Ia juga melaporkan progres program revitalisasi posyandu hingga saat ini, dimana hingga bulan Maret 2020 ini sudah terbentuk 1.070 posyandu keluarga di 10 Kabupaten/Kota se-NTB. Aktivitas posyandu keluarga tersebut, akan segera diaktifkan kembali, ungkapnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB Ir. Madani Mukarom, B.Sc. menjelaskan dalam Program Zero Waste, sector penanganan dan pengeloaan sampah, sudah terbentuk 124 Bank Sampah binaan DLHK.
Selain itu, telah terbentuk 202 Bank Sampah binaan BUMDES dan 46 Bank Sampah Mandiri. "Jadi Total Bank Sampah hingga saat ini sebanyak 372 unit Bank Sampah yang tersebar di seluruh NTB", ujarnya.
“Untuk penanganan sampah ini kami telah memetakan lokasi tempat sampah, sehingga akan terus membentuk Bank Sampah di setiap Kabuapten/Kota,” katanya. (*)
[gmc/ro2/inf/hms]

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT