Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Perputaran Uang di Laga RI Vs Argentina Nyaris Rp 1 T, Siapa yang Untung?

Minggu, 18/06/2023 | 16:48 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka 
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Facebook Twitter WhatsApp Instagram Youtube
Kedatangan Timnas Argentina. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto Getty Images ©2023 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Pertandingan tim nasional sepak bola Indonesia Vs Argentina akan tersaji besok, Senin 19 Juni 2023. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) dalam hasil penelitian terbarunya memprediksi akan ada perputaran uang senilai Rp 965 miliar dari pertandingan sepak bola yang masuk ke dalam agenda FIFA Matchday ini.
Dari total perputaran uang tersebut, LPEM FEB UI memprediksi akan tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 495 miliar. Penelitian LPEM FEB UI itu dilakukan oleh Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi.
"Jika terselenggara dengan aman dan lancar, FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp 965 miliar," tulis LPEM FEB UI dalam hasil penelitian terbarunya yang dikutip detikcom, Minggu (18/6/2023).
Lebih lanjut nilai tambah ekonomi yang terjadi, diperkirakan akan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 188 miliar. Tiga sektor yang mendapat dampak terbesar dari tambahan pendapatan rumah tangga adalah penyediaan makanan dan minuman 56,26%, jasa kesenian hiburan dan rekreasi 36,04%, dan juga sektor perdagangan selain motor dan mobil sebesar 10,90%.
Baca juga:
Didukung BRI, Perputaran Uang RI vs Argentina Diproyeksi Capai Rp 500 M
Indonesia Vs Argentina juga dinilai dapat menyediakan ribuan lapangan kerja secara temporer. LPEM FEB UI mencatat potensi penciptaan kesempatan kerja pada gelaran sepak bola ini ada sekitar 5.719 orang.
LPEM FEB UI juga mencatat terdapat potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar.
"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," tulis penelitian tersebut.
Reporter: Herdi Alif Al Hikam 
Sumber: detikFinance/detikcom
[gmc/dtc/hal/das]
Tag:
indonesia vs argentina indonesia vs argentina 19 juni 2023

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ekonomi Bisnis

Trending Selebriti

Citizen Jurnalism