Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Misi Pak Jokowi! RI Kalah, Singapura: Negara No.1 Sedunia

Minggu, 09/07/2023 | 16:14 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka 
Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Turis berfoto di ArtScience Museum, Marina Bay Sands, dan Merlion pada 10 Mei 2023 di Singapura. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto) Getty Images © 2023 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Para peneliti di Jerman dalam indeks kenegaraan telah menobatkan salah satu negara terdekat RI, Singapura sebagai negara terbaik di dunia tahun 2022.
etangga RI tersebut menduduki posisi nomor satu. Singapura, negara kecil di Asia yang berpenduduk sekitar 5,5 juta orang, menduduki posisi teratas dari 173 negara yang masuk ke dalam daftar. Ini mengungguli Australia di posisi kedua, Denmark (3), Belanda (4), dan Estonia (5).
"Negara adalah tatanan sosial dan politik yang dilembagakan dan organisasi otoritas hirarki yang berada dalam kendali eksklusif Monopoli Hukum, Monopoli Kekerasan, dan Monopoli Administrasi di seluruh wilayah tertentu dan penduduknya," tulis para peneliti terkait peringkat tersebut, seperti dikutip Studyfinds, dikutip Minggu (9/7/2023).
"Kenegaraan sebagai kinerja institusi menunjukkan bahwa suatu negara dapat memasukkan dan menegakkan hukum yang diberlakukan oleh rezim, memiliki sarana yang diperlukan untuk mengontrol baik wilayah maupun penduduk, dan memerintahkan infrastruktur birokrasi untuk menerapkan dan menggunakan kedaulatan teritorial di seluruh wilayah negara," katanya lagi.
Theresa Paola Stawski, ilmuwan politik dari Julius-Maximilians-Universität Würzburg (JMU), menyebut negara terbaik bisa dilihat dari segala hal yang mengelilinginya. Misalnya di jalanan, pengadilan, polisi, atau sekolah.
Baca: Duh! Ribuan Mahasiswa RI Pindah Jadi Warga Negara Singapura
Stawski menambahkan bahwa gagasan negara terbaik lebih dari sekadar orang-orang yang bertanggung jawab atas pemerintah federal dan negara bagian serta kotamadya di negara itu saja. Tapi juga soal seberapa cepat layanan ke warganya.
"Seorang pasien dengan cepat menerima janji temu dokter ketika mereka membutuhkan sinar-X, anak-anak memiliki banyak pilihan sekolah untuk pergi, dan komunitas yang memiliki banyak listrik siang atau malam adalah contoh keadaan yang berfungsi dengan baik," jelasnya.
"Apakah suatu negara berfungsi dengan baik atau tidak, tidak selalu ada hubungannya dengan demokrasi," tambah Stawski, menambahkan Singapura bukan negara demokrasi.
Baca: Warga RI Sudah Kecanduan Ini, Paling Parah di Dunia!
Indonesia menduduki posisi ke-53 dalam daftar tersebut, di bawah Qatar (52) dan diikuti Kroasia (54). Indeks nilai total yang diterima Indonesia sebesar 0,717, di mana ini masuk klasifikasi negara berfungsi sedang (moderate functioning state).
Dalam bagian monopoli hukum, Indonesia mendapatkan nilai 0,737, dan nilai 0,782 untuk kekerasan. RI mendapat 0,639 untuk monopolis administrasi.
Saksikan video di bawah ini:
Negara Sulit Cari Duit, Jokowi Wanti-Wanti Menteri Agar Irit
Artikel Selanjutnya 
Akrabnya Jokowi dengan PM Singapura, Begini Penampakannya
Reporter : Martyasari Rizky 
Sumber : CNBC Indonesia 

[gmc/cnbc/ind/haa/haa]
TAG: singapura indonesia peneliti jokowi hukum
SHARE

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT