Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Hadapi hoaks dan SARA jadi tantangan koalisi Jokowi saat kampanye Pilpres

Rabu, 01/08/2018 | 17:05 WIB
Reporter: Merdeka/ Hanz Salim | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Jokowi dan sembilan partai pendukung. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin
Jakarta, GetarMerdeka.com - Partai politik koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewaspadai kabar bohong alias hoaks yang diprediksi bertebaran pada kampanye Pilpres 2019.
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengakui isu-isu semacam itu akan tetap bermunculan pada saat kontestasi pileg dan pilpres berlangsung. Selain hoaks, kata dia, isu SARA juga diprediksi akan mewarnai pesta demokrasi lima tahunan itu.
"Terkait dengan isu-isu yang tidak berbasis pada fakta dan data, tentu itu tantangan bersama kita dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi kita melalui yang kita sebut sebagai politik yang rasional untuk menghindarkan eksploitasi SARA yang berlebihan," kata Johnny di Jakarta, Rabu (1/8).
Menurut Johnny, parpol koalisi pendukung Jokowi akan mengambil langkah antisipatif guna menangkal hoaks dan SARA. Para parpol koalisi, kata dia, berkomitmen untuk tidak menggunakan isu-isu semacam itu selama kontestasi pileg dan pilpres berlangsung.
"Itu akan dihadapi dengan counter-counter isu yang rasional. Counter isu yang rasional itu yang gimana? Dari data dan fakta. Kami bicara dalam kampanye, terkait dengan fakta," terang Johnny.
Johnny mengaku, pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi saat ini cukup banyak diserang dengan isu yang tidak sesuai fakta dan data, seperti misalnya menyebut angka kemiskinan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tidak sesuai fakta.
"Ada pemimpin yang bilang 50 juta (penduduk miskin), nah ini standard ukurannya enggak ada acuannya, nah itu harus dijelaskan. Ini harus dijawab dengan data, bukan dengan retorika-retorika," terang Johnny.
Image and video hosting by TinyPic
[mdk/lip6/rzk/rul/gmc]
Sumber : merdekacom



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT