Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Tempat Penyelamatan Penyu di Lombok, Ayo Lestarikan Lingkungan Asri Pantai Sekotong (6)

Sabtu, 21/09/2019 | 16:07 WIB
Reporter: Harianto Nukman Red IT: Firman Wage Prasetyo
etty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat melepas anak anak Penyu di Pantai Sekotong Foto: Istimewa/PRCC Biro Humas NTB
"Setahun kepemimpinan Gubernur NTB Zulkieflimansyah disaat Provinsi ini tengah berbenah pasca gempa dahsyat 2018, berusaha bangkit dengan sejumlah program unggulan menuju NTB Gemilang."
Mataram, GetarMerdeka.com - Keindahan alam yang asri dengan melestarikan Lingkungan kita melepas anak anak Penyu di Pantai Sekotong, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah berbaur di tengah warga seraya mengajak, Anak cucu kita punya hak untuk merasakan dan menikmati keelokan alam kita di masa mendatang", ujarnya.
Melihat tempat penyelamatan Penyu saat Liburan di Lombok, cobalah mampir sejenak di Pantai Mapak Indah. Pantai di Mataram ini memiliki tempat penangkaran penyu. Ada kisah inspiratif di baliknya lho!
Lokasi pantai ini tak jauh dari destinasi Makam Loang Baloq di Jalan Soedjojono, Lingkar Selatan, Mataram. Jaraknya dari sana sekitar kurang lebih 500 meter ke arah timur. Persisnya bersebelahan dengan Pantai Gading, sebuah pantai yang cukup diminati untuk liburan keluarga di akhir pekan.
Belum banyak wisatawan yang tahu pantai Mapak Indah sebagai tempat penangkaran penyu. Dari penuturan H Awan (40), Ketua Kelompok Pelestari Penyu Mapak, pernah ada satu dua orang wisatawan asal Jerman dan Belanda datang ke pantai ini, tapi itu pun hanya kebetulan.
Wisman itu datang untuk menikmati keindahan sunset di pantai Mapak Indah, pun demikian dengan wisatawan domestik yang saban sore ramai berkunjung ke sana. Tapi tak banyak orang yang memperhatikan keberadaan penangkaran anak penyu (tukik) itu.
Foto: (Harianto Nukman/detikTravel)
"Pantai ini kan lumayan bagus untuk sunsetnya. Kebetulan ada turis bule itu datang lihat-lihat dan saya tawarkan untuk selfie dengan tukik ini," tutur H Awan saat detikTravel berkunjung ke sana, Sabtu (20/10/2018) kemarin.
Kolam penangkaran penyu yang dibuat H Awan berukuran 3x5 meter. Dia baru setahun yang lalu mulai membudidayakan penyu di lokasi warung makan tempatnya berjualan menu kuliner khas tradisional Lombok.
Dia mengungkapkan awal mula dirinya membuat penangkaran penyu karena merasa kasihan terhadap jenis hewan biota laut yang dilindungi itu. Awalnya banyak warga di sekitar lingkungan sana yang menyia-nyiakan keberlangsungan hidup anak tukik tersebut.
Saat musim bertelur, biasanya di bulan Juni, Juli sampai Agustus, setiap pagi warga di sekitar sana banyak yang menemukan telur-telur penyu di pinggir pantai Mapak.
"Mereka tidak tahu cara memanfaatkan hewan langka ini. Telurnya banyak dijadikan mainan. Mungkin karena mereka tidak tahu. Ada juga yang bawa telur tukik ini untuk dijual ke pasar," ungkap H Awan.
Foto: (Harianto Nukman/detikTravel)
Merasa kasihan dengan keberlangsungan hewan itu, sejak tahun 2016 lalu dia mulai peduli dengan cara menjadikan lokasinya berjualan sebagai tempat penangkaran penyu. Dia membuat kolam kecil untuk menampung telur tukik yang sudah menetas.
Selama satu setengah bulan lamanya ia harus bersabar merawat biji-biji telur penyu itu agar bisa menetas dengan selamat. Satu induk penyu biasanya mampu menghasilkan minimal 50 butir telur. Telurnya dipisahkan per satu induk dan diberi tanda ruang lingkaran kawat berukuran setengah meter.
Apabila waktunya telah tiba, ketika anak tukik berusia 3 bulan, H Awan akan mengundang warga sekitar untuk menyaksikan pelepasan anak tukik ke habitatnya yang semula. Dua kali sudah warga sekitar sana melepas liar penyu ke lautan lepas.
Apabila sudah dewasa, penyu-penyu betina tersebut akan kembali pulang ke pantai Mapak Indah untuk menitipkan puluhan butir telurnya.
Saban bulan Juni, Juli dan Agustus, H Awan rela begadang, menghabiskan waktunya dari jam 9 malam hingga jam 5 dini hari untuk menunggui dari jauh sekawanan penyu betina yang datang bertelur di pantai Mapak Indah.
Bagi traveler yang penasaran dengan pantai Mapak Indah, datanglah melihat ratusan anak tukik yang imut dan unyu-unyu itu.
Selain itu, Pantai Selatan Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa, juga memiliki potensi Sumber Daya Alam cukup menarik.
Kawasan pantai yang begitu indah itu kita bisa melihat ribuan anak anak Penyu laut dihamparan pasir putih.
Panorama alamnya menggelitik rindu deburan ombak Pesona Wisata Lombok - Sumbawa membuat kita berdecak Wow...' Welcome! NTB Gemilang
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (Istimewa)
Image and video hosting by TinyPic
[gmc/aff/ro1/hms]
Sumber: detikcom

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT