Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Ramai soal Nikuba, BRIN Nyatakan Dukungan ke Inovasi Masyarakat

Jum'at, 14/07/2023 | 14:43 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Jumpa pers BRIN mengenai inovasi masyarakat, di tengah ramai isu Nikuba karya Aryanto Misel. 14 Juli 2023. (Kurniawan Fadilah/detikcom) Getty Images © 2023 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Seiring ramainya kabar mengenai kreasi Aryanto Misel dari Cirebon yang mampu mengubah air menjadi bahan bakar, alat bernama Nikuba, ramai pula persepsi yang menghadap-hadapkan Misel dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) secara berlawanan. BRIN menyatakan pihaknya mendukung temuan masyarakat termasuk Nikuba.
"Pada prinsipnya, BRIN sangat mendukung inovasi yang dihasilkan masyarakat luas. Namanya inovasi bukan hak eksklusifnya para periset," kata Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga Masyarakat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah-BRIN, Dadan Nugraha, dalam jumpa pers di Gedung Bj Habibie, Jl MH Thamirn, Jakarta, Jumat (14/7/2023).
Baca juga:
Penemu Nikuba: Perusahaan Italia Antusias, di Indonesia Dibantai Habis
Masyarakat menghadapi banyak problem dalam kesehariannya. Masyarakat yang peka kemudian berkreasi dan menghasilkan solusi.
"Kami di BRIN sangat menghargai, mengapresiasi, dan mendukung temuan-temuan dan inovasi di masyarakat. Sehingga, salah satu program yang ada di kami pun khusus memfasilitasi inovasi yang lahir dari masyarakat yang kita sebut inovasi dari akar rumput," kata Dadan.
Baca juga:
Kepala BRIN Ajak Nikuba untuk Diuji Secara Ilmiah
Secara umum, Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur-BRIN, Haznan Abimanyu, menjelaskan proses air menjadi bahan bakar. Ada empat jenis metode, pertama, mengubah air atau memecah air menjadi hidrogen dan oksigen. Kedua, fotolisa memanfaatkan cahaya. Ketiga, elektrolisis. Keempat, biologis yakni seperti limbah pabrik kelapa sawit dikonversi menjadi hidrogen dan metana.
Sebagaimana diketahui, Aryanto Misel membuat alat bernama Nikuba. Alat bikinannya ramai mendapat sorotan publik sejak tahun 2022 lalu. Perkembangan selanjutnya pada 2023, Aryanto Misel berangkat ke Italia. Pihak TNI menyebut Aryanto diundang pihak penyedia energi Ferrari dan Lamborghini.
Reporter : Kurniawan Fadilah 
Sumber : detikcom
[gmc/dtc/dnu/dnu]
#tag nikuba aryanto misel brin badan riset dan inovasi nasional elektrolisis
SHARE

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT