Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Dr. Najam: SPBE Membangun Tata Kelola Pemerintahan yang cepat dan efisien

Kamis, 16/03/2023 | 19:45 WIB | NEWS
Reporter: GetarMerdeka | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2023 GetarMerdeka.com
Mataram, GetarMerdeka.com — Dinas Kominfotik NTB melalui Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Mataram, Kamis (16/03).
Acara ini diselenggarakan dalam rangka mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE Nasional.
Sebagaimana kita ketahui SPBE diterapkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang cepat dan efisien. Namun dalam penerapannya, berbagai instansi membuat aplikasi yang fungsinya tumpang tindih, bahkan tidak relevan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, diperlukan arsitektur SPBE sebagai pedoman dalam membangun serta menyelaraskan aplikasi pada setiap instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.
Bertempat di Ballroom Hotel Grand Madani, acara ini di buka oleh Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos. MM. Dr. Najm memulai acara tersebut dengan mengabsensi peserta sosialisasi untuk memastikan kehadiran seluruh OPD pemprov NTB mengingat betapa pentingnya penyusunan Arsitektur SPBE ini.
Dalam sambutannya Dr. Najm menyampaikan pada penilaian SPBE Tahun 2022 Indeks SPBE Pemprov NTB berada di urutan ke-8 se Indonesia dengan hasil yang cukup baik yakni pada angka 3,24 dengan predikat Baik. Ini membuktikan bahwa Pemprov NTB memang layak dikatakan Provinsi yang inovatif.
“Saya ingin Aplikasi-aplikasi kita betul-betul dikawal, baik penerapan dan update data-datanya, kalau kita dikatakan Provinsi Terinovatif maka kita harus buktikan bahwa penerapan Aplikasi di seluruh OPD kita selalu aktif dan dikelola dengan baik” tegasnya.
Acara ini menghadirkan narasumber Kepala Bidang PTIK Yasrul, S.Kom., M.Eng yang membahas tentang Kebijakan Arsitektur SPBE pada Domain Proses Bisnis, Data dan Informasi, dan Domain Layanan, dan Materi ke dua disampaikan oleh Fungsional Pranata Komputer Muda, Robert Silas Kabanga, S.Kom, M.Eng. dengan materi Arsitektur SPBE Domain Aplikasi, Domain Infrastruktur, dan Domain Keamanan.
Dalam kesempatan tersebut Yasrul menegaskan bahwa SPBE bukan melulu terkait aplikasi, infrastruktur atau sistem, tapi sebetulnya SPBE adalah upaya pemerintah dan kita semua melakukan modernisasi pemerintahan berbasis digital. Jadi jangan lagi berpikir bahwa SPBE hanya di Dinas Kominfotik saja tapi sebetulnya ini adalah peran kita bersama, jelasnya.
[gmc/ikp/fbc/ro1]
BAGIKAN:

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT