Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Keunggulan Jual Barang Online via Blibli

Jum'at, 02/12/2022 | 13:59 WIB | ADVERTORIAL
Reporter: GetarMerdeka | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Advertorial Getty Images ©2022 GetarMerdeka.com
GetarMerdeka.com — Sebentar lagi akhir tahun 2022, menjelang pergantian tahun pasti dari Anda telah mempersiapkan resolusi baru. Nah, siapakah diantara Anda yang memiliki resolusi untuk menjadi pebisnis di tahun depan? Resolusi itu bisa Anda wujudkan apalagi di zaman yang serba digital ini.
Ingin menjadi pebisnis, maka Anda bisa melakukannya dimana saja simple dan kapan saja. Kerennya lagi saat ini ketika melakukan aktivitas jual-beli tak perlu ribet. Sebab kini ada cara yang lebih sederhana saat berbisnis yakni dengan jual barang online. Salah satunya lewat E-commerce, Blibli. Simak informasi lebih lengkapnya.
Tujuan dari Jual Barang Online
Sejenak sebelum membahas lebih detail mengenai keunggulan dari jual barang online, maka setidaknya harus memahami tujuan dari kegiatan jual barang online ini. Secara harfiah tujuannya yakni guna memperoleh uang sebagai bagian pendapatan, sementara tujuan lain yakni sebagai tolak ukur kegiatan bisnis online.
Kegiatan bisnis online sering dipahami sebagai keseluruhan dari rangkaian kegiatan jual dan beli yang dilakukan dengan menggunakan media digital/internet. Seiring dengan perkembangan internet membuat rangkaian bisnis online ini terasa ringan untuk dikerjakan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan kegiatan jual barang online, dan menetapkan target sesuai dengan keinginan Anda.
Keunggulan dari Jual Barang Online
Saat Anda melakukan kegiatan jual barang online, sebenarnya bukan sekedar untuk legitimasi agar bisnis online berjalan lancar. Namun akan ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan seperti menambah sumber pendapatan, dapat menjalankan bisnis tanpa terikat waktu dan tempat. Mencapai jangkauan bisnis yang lebih luas, pembayarannya sangatlah praktis serta Anda bisa memulai bisnis dengan modal seadanya ‘tak perlu memaksakan modal yang tinggi.’
Selain itu ada keunggulan lain dari jual barang online daripada harus menjualnya secara offline seperti berjualan secara sales door to door atau bentuk penjualan lainnya seperti buka ruko atau mangkal. Sebagaimana keunggulan yang bisa Anda rasakan diantaranya yakni:
1. Menjangkau pasar yang lebih luas Tentunya melakukan bisnis dengan jual barang online bisa membuat jangkauan pasar lebih luas. Daripada Anda melakukan penjualan secara offline yang mana biasanya pelanggan yang datang berasal dari warga lokal/sekitar, pelanggan loyal Anda serta pelanggan yang harus Anda datangi terlebih dahulu, meskipun memakan waktu, tenaga dan biaya untuk mencapai lokasi dimana pelanggan berada.
Berbeda ketika penjualan dilakukan secara online, Anda cukup memanfaatkan kecanggihan Internet lewat aplikasi, dan media sosial kemudian Anda cukup tawarkan dagangan agar pelanggan tertarik. Pelanggan Pun bisa berasal dari mana saja.
2. Kemudahan untuk memulai bisnis Jika kegiatan usaha dilakukan secara online maka Anda dapat dengan mudah untuk memulainya. Guna mempersiapkan semua itu Anda hanya cukup menyiapkan foto barang semenrik mungkin, handphone atau laptop, dan kuota Internet serta menggaji karyawan atau tim yang membantu Anda.
Berbeda halnya jika Anda memutuskan untuk berjualan secara offline, yang tentunya akan lebih membutuhkan persiapan ekstra. Seperti halnya bagaimana konsep jualan Anda, misalnya saja ingin berjualan di ruko atau mangkal menggunakan gerobak. Jika mangkal dengan menggunakan gerobak maka Anda harus memiliki gerobak serta perlengkapan jualan, barang yang dijual pun harus ready, pastikan semua komplit. Terkadang juga perlu tambahan properti lain seperti spanduk serta membayar iuran untuk dagang.
Begitupun jika Anda memilih menyewa ruko, Anda harus mempersiapkan biaya sewa ruko, biaya administrasi wilayah untuk berjualan. Perlengkapan untuk berjualan. Produk yang akan dijual harus lengkap. Semua ini belum termasuk biaya untuk lain-lain serta pengeluaran untuk menggaji pegawai.
3. Tak Mengeluarkan Banyak Tenaga Jika Anda memahami poin nomor dua, bagaimana effort untuk memulai usaha secara offline tentunya Anda akan mempertimbangkan kembali untuk berjualan langsung karenapun berjualan secara offline akan menguras banyak tenaga.
Tak seperti jika usaha dilakukan secara online, maka tenaga akan bisa dikelola, pastinya akan terasa lebih ringan dan tidak terlalu capek. Anda juga tak perlu merekrut SDM skala besar untuk mengoperasionalkan usaha, cukup SDM yang diperlukan saja.
4. Hemat Biaya Jual barang online faktanya memang akan membuat Anda hemat biaya. Jelas saja, karena pertama Anda dapat memulai berjualan dengan modal seringan mungkin, kedua Anda tak perlu menyewa ruko atau gerobak, ketiga tidak ada biaya untuk perawatan terhadap tempat atau pemeliharaan ruangan, ketiga tidak adanya biaya administrasi atau keamanan, serta memberikan upah kepada karyawan secukupnya saja, karena jumlah karyawan yang tidak sebanyak berbisnis offline.
5. Transaksi Pembayaran Lebih Praktis Ketika jual barang online dilakukan maka pembayaran akan lebih praktis. Tidak seperti berbisnis offline yang sering kali merasa bingung jika tidak ada uang kecil untuk transaksi pengembalian. Dengan adanya penjualan barang online, tersedia berbagai pilihan metode pembayaran. Terutama jika Anda sudah bergabung dengan berbagai e-commerce seperti halnya Blibli.
6. Dapat memaksimalkan promosi Ketika melakukan penjualan secara online Anda juga dapat memaksimalkan promosi yang ada. Sebagai penjual Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang dikeluarkan oleh E-commerce seperti halnya Blibli untuk para sellernya.
Jual Barang Online via Blibli
Teruntuk Anda yang berminat menjual barang online, namun tidak memiliki website maka tak perlu khawatir, karena Anda bisa berjualan melalui e-commerce yakni Blibli. Blibli berkomitmen melalui visinya yakni “To be the commerce ecosystem of choice for consumers and institutions.” Yang artinya Menjadi ekosistem perdagangan pilihan bagi konsumen dan institusi.
Guna memulai jual barang online di Blibli sangatlah mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan akun di seller Blibli, melalui aplikasi Blibli. Lengkapi semua informasi pendaftaran hingga selesai, dan unggahlah produk yang akan dijual. (Ikln/Advertorial)
□BAGIKAN

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT