Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Daftar Istilah Penting yang Wajib Dipahami Jika Hobi Traveling

Kamis, 21/12/2023 | 19:01 WIB | NEWS
Reporter: Getar Merdeka Red IT: Firman Wage Prasetyo
Foto: Getty Images/iStockphoto/Juan_Algar Getty Images © 2023 GetarMerdeka.com
Jakarta, GetarMerdeka.com — Traveling atau pergi berlibur merupakan salah satu hobi yang disukai banyak orang karena dianggap mendatangkan banyak manfaat. Kesibukan sehari-hari yang super padat memang kerap menimbulkan rasa jenuh bahkan membuat produktivitas menurun. Oleh sebab itu, traveling dianggap penting untuk memulihkan kondisi fisik dan psikis sehingga semangat untuk beraktivitas kembali prima.
Rencana traveling bukan sekadar tentang berburu promo tiket pesawat murah. Soal urusan tiket pesawat, tentu saja Anda bisa mengandalkan Traveloka sebagai solusi. Online Travel Agent (OTA) paling populer di Indonesia ini memang berkomitmen menyediakan akomodasi perjalanan yang lengkap dan siap disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Anda pun berkesempatan mendapatkan tiket murah untuk memfasilitasi perjalanan liburan di dalam maupun luar negeri.
Kalau Anda termasuk orang yang hobi traveling, maka Anda patut memiliki wawasan luas seputar bidang tersebut supaya aktivitas liburan berlangsung lancar. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda memahami beberapa istilah penting tentang traveling berikut ini:
Meeting Point (Mepo)
Meeting point adalah tempat berkumpulnya para wisatawan sebelum atau sesudah mengunjungi objek wisata. Lokasi yang menjadi meeting point harus strategis dan mudah dijangkau agar rencana perjalanan berlangsung efisien. Kesepakatan tentang meeting point akan mempermudah wisatawan dalam menikmati liburan karena hanya perlu mengatur titik temu dan waktu sehingga tak perlu pergi dalam rombongan besar.
Maskapai Low Cost Carrier (LCC)
LCC merupakan sebutan untuk maskapai yang memberikan pelayanan dengan harga terjangkau sehingga efektif mendukung penghematan bujet perjalanan. Ada berbagai upaya penghematan yang dilakukan maskapai penyedia layanan LCC, yaitu ketiadaan bagasi pesawat, makanan berbayar, serta pemilihan posisi kursi yang berbayar. Kendati demikian, pelayanan yang diberikan tetap prima dan tidak kalah berkualitas dibandingkan maskapai full service.
Maskapai Full Service
Istilah ini merupakan kebalikan dari maskapai LCC. Maskapai full service menyediakan pelayanan terbaik bagi para penumpang karena harga tiketnya pun lebih mahal daripada maskapai LCC. Ciri khas maskapai full service ditandai dengan ketersediaan fasilitas makanan dan atau camilan serta bagasi pesawat secara cuma-cuma dengan batas kapasitas tertentu.
Share Cost
Para wisatawan yang ingin berlibur sekaligus berhemat bisa memanfaatkan teknik share cost, yaitu pengeluaran selama berlibur ditanggung bersama-sama. Misalnya, ada 5 orang pergi berlibur bersama lalu memutuskan menyewa satu vila agar biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Sistem ini cocok diterapkan bila Anda berlibur bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Semakin banyak jumlah orang yang ikut berlibur, biasanya semakin hemat pula biaya yang harus dikeluarkan masing-masing individu.
Staycation
Istilah yang satu ini sedang populer di tanah air dalam beberapa tahun terakhir. Staycation bisa didefinisikan sebagai perjalanan liburan singkat yang disertai aktivitas bermalam di lokasi yang dekat dari tempat tinggal. Contohnya, Anda tinggal di Tangerang lalu menginap di hotel yang masih berada di sekitar lokasi tersebut. Banyak orang menyukai staycation karena dianggap praktis dan tidak butuh biaya besar. Bahkan, staycation juga menjadi jenis liburan singkat yang cocok bagi keluarga besar karena tidak perlu repot mengurus banyak persiapan.
Glamping
Dahulu, berlibur di alam identik dengan fasilitas seadanya dan lingkungan yang terkesan kotor. Namun, hal tersebut tidak terjadi lagi sejak konsep glamping makin terkenal di Indonesia. Glamping atau glamour camping adalah konsep berlibur di alam tanpa mengabaikan kelengkapan fasilitas serta suasana yang nyaman. Saat ini, banyak sekali penyedia layanan glamping di lokasi yang keasriannya masih terjaga. Bila Anda ingin menikmati sensasi liburan di alam bebas dengan suasana nyaman dan estetik, maka glamping adalah pilihan yang tepat.
Flashpacker
Backpacker adalah istilah familiar yang mendefinisikan wisatawan dengan bujet terbatas. Sebaliknya, flashpacker adalah wisatawan yang bujet liburannya cukup besar tetapi tetap memprioritaskan gaya liburan yang jauh dari kesan glamor. Bujet liburan seorang flashpacker memang tidak sebesar turis, tetapi persiapan dana tersebut cukup untuk menikmati liburan tanpa berhemat secara berlebihan.
City Tour
Saat Anda tak punya banyak waktu untuk menjelajahi suatu kota, maka city tour adalah solusi yang tepat. Paket perjalanan ini biasanya mengajak Anda mengeksplorasi satu kota secara lengkap dalam waktu beberapa jam atau seharian. Aktivitas city tour biasanya didukung bus atau mobil travel untuk mengunjungi berbagai tempat populer.
Open Trip
Liburan tak selalu identik dengan momen berwisata bersama orang-orang terdekat. Sekarang, banyak penyedia jasa liburan yang mengusung konsep open trip untuk mewujudkan perjalanan bagi sekelompok orang yang tidak saling kenal. Open trip sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang atau sedang melakukan solo traveling. Bonus yang bisa Anda dapatkan saat mengikuti open trip adalah mendapatkan banyak kenalan baru dari berbagai daerah maupun negara.
Setelah mengetahui berbagai istilah tersebut, niscaya Anda makin cermat menentukan akomodasi dan konsep liburan yang ingin Anda wujudkan dalam waktu dekat. Apa pun gaya liburan yang Anda sukai, jangan lupa kalau Traveloka selalu siap mendukung rencana perjalanan Anda dengan akomodasi berkualitas.[gmc/adv]
SHARE

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT