Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Halau Kapal AS, China Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Perang

Senin, 28/05/2018 | 12:53 WIB
Reporter: Rita Uli Hutapea | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - kapal induk China (Foto: REUTERS/Stringer/File Photo)
Beijing, GetarMerdeka.com - Militer China mengerahkan kapal-kapal perang dan jet-jet tempur untuk menghalau dua kapal perusak milik Amerika Serikat yang berlayar di dekat pulau-pulau Laut China Selatan yang diklaim China.
Kementerian Pertahanan China menyatakan dalam statemen seperti dilansir Press TV, Senin (28/5/2018), kapal-kapal perang dan jet-jet tempur China dikerahkan pada Minggu (27/5) waktu setempat untuk menghalau kapal-kapal perang AS yang masuk ke wilayah perairan tersebut tanpa izin.
Kementerian juga mengecam kedatangan kapal-kapal perang AS di Kepulauan Paracel tersebut, dan menyebut langkah AS itu sebagai provokasi dan pelanggaran kedaulatan China.
Simak juga: Duterte: Filipina Tak Akan Mampu Berperang dengan China
Kementerian Pertahanan China menambahkan, Kepulauan Paracel merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah China, dan bahwa Beijing menentang keras tindakan-tindakan AS yang bertentangan dengan hukum China dan internasional.
Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan China menegaskan, militer China bersikeras untuk meningkatkan kesiapan tempur Angkatan Laut dan Angkatan Udara, memajukan tingkat pertahanan, menjaga kedaulatan dan keamanan nasional, serta menjaga perdamaian dan stabilitas regional.
Simak juga: Pesawat Pengebom China Melintas, Taiwan Kerahkan Jet-jet Tempur
"China akan terus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan dan keamanannya," demikian statemen Kementerian Pertahanan China.
Statemen ini dirilis tak lama setelah USS Higgins, kapal perusak dengan rudal kendali, dan USS Antietam, kapal penjelajah rudal, berpatroli 19 kilometer dari Kepulauan Paracel, yang merupakan bagian yang diklaim oleh China di Laut China Selatan. Kapal-kapal perang AS itu melakukan operasi manuver di dekat Tree, Lincoln, Triton dan Kepulauan Woody di Paracel.
Image and video hosting by TinyPic
[dtc/ita/gmc]
Sumber : detikcom



Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT