Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Masyarakat NTB Rasakan Manfaat Membangun Bendungan Besar

Senin, 28/05/2018 | 15:31 WIB
Reporter: Syafruddin, Eed Setiawan | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Sekda NTB Rosiady Sayuti saat seminar membangun bendungan besar di NTB Foto: Biro Humas NTB
“Membangun bendungan adalah membangun peradaban baru, karena tidak hanya membangun ekonomi mikro di sekitar bendungan namun dapat merubah kultur budaya dan wawasan lingkungan masyarakat,"
Mataram, (NTB) GetarMerdeka.com - Dampak besar bendungan bagi daerah agraris seperti NTB sangat dirasakan oleh seluruh elemen masyarat.
“Membangun bendungan adalah membangun peradaban baru, karena tidak hanya membangun ekonomi mikro di sekitar bendungan namun dapat merubah kultur budaya dan wawasan lingkungan masyarakat," ungkap Sekda Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc., Ph.D pada pembukaan Seminar Nasional Bendungan Besar 2018 di Lombok Raya Hotel, Mataram (25/7/2018).
Hadir pada kesempatan tersebut Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Prof. Anita Firmanti, tamu kehormatan dari Ministry of Economic Affairs-Taiwan, Chien-Hsin Lai, Ph.D dan Prof. pierre Y. Julien, dari Colorado State University-Amerika.Acara ini diikuti oleh 600 peserta dari praktisi dan akademisi bendungan besar yang tergabung dalam Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB), kontraktor dan warga pemerhati bendungan.
Sekda melanjutkan, dengan adanya 72 bendungan yang ada di NTB petani  bisa meraup keuntungan lebih banyak dengan 2 sampai tiga kali panen pertahun. Teman-teman dalam ranah ini tidak hanya bekerja duniawi namun memiliki nilai ukhrowi  (ibadah) karena  dapat merubah nasib banyak orang, jelas doktor di bidang sosial ekonomi ini.
Pada kesempatan yang sama, Ketua KNI-BB, Hari Suprayogi, menyampaikan terpilihnya NTB sebagai tuan rumah karena merupakan salah satu daerah dengan bendungan terbanyak. “Kami sengaja mengadakan seminar di NTB karena NTB mempunyai 72 buah bendungan. Ini setara dengan 250 juta meter kubik air dan berhasil  meningkatkan intensitas tanam dari 127% menjadi 270," tandasnya.
Sebanyak 36 makalah akan dipresentasikan pada seminar ini. Dan makalah terbaik akan mewakili Indonesia pada pertemuan tahunan organisasi bendungan internasional International Commission On Large Dams (ICOLD) 2018 di Vienna Austria.
Sebelum membuka acara secara resmi, Sekjen PUPR Prof. Anita Firmanti berharap Seminar ini dijadikan ajang pertukaran pemikiran dan konsep serta pengalaman membangun dan merawat bendungan besar secara optimal.  "Selamat berseminar. Dan bagi yang mewakili kita nanti Vienna harus bisa menunjukkan Indonesia memiliki ahli bendungan yang mempuni", pungkasnya.
Image and video hosting by TinyPic
[ro3/hms/eed/gmc]


Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT