Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Enaknya PNS, Sisa Cuti Bisa Dipakai Buat Tahun Depan

Selasa, 17/12/2019 | 16:08 WIB
Reporter: Trio Hamdani Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2019 GetarMerdeka.com - Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta, GetarMerdeka.com - Sisa cuti pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak terpakai di tahun ini tidak akan hangus seluruhnya. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kinerja (PMK) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto.
Dia bilang sisa cuti bakal diakumulasi di tahun depan. Namun sisa cuti yang akan diakumulasikan dengan cuti tahun depan maksimal hanya 6 hari kerja. Jadi total cuti tahun depan yang bakal dimiliki PNS sebanyak 12 ditambah 6, yaitu 18 hari.
"Setiap tahun PNS berhak mendapatkan cuti sebanyak 12 hari. Jika hingga akhir tahun ini misalnya, cuti tersebut masih bersisa, maka yang dapat digunakan di tahun depan maksimal 6 hari kerja, sehingga total cuti PNS yang bersangkutan di tahun depan berjumlah 18 hari kerja," kata Haryomo dikutip dari situs resmi Setkab, Selasa (17/12/2019).
Ketentuan tersebut telah diatur dalam Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017.
Dirinya juga menjelaskan bahwa hak atas cuti tahunan yang tidak digunakan selama dua tahun berturut-turut dapat digunakan pada tahun berikutnya, paling lama 24 hari kerja termasuk atas cuti tahunan dalam tahun berjalan.
Dia juga mengingatkan bahwa hak atas cuti tahunan dapat ditangguhkan penggunaannya oleh pejabat yang berwenang memberi cuti paling lama 1 tahun, apabila terdapat kepentingan dinas mendadak.
Haryomo juga menjelaskan terkait adanya hak cuti besar paling lama 3 bulan yang dapat diambil PNS yang telah menjalani masa kerja selama 5 tahun secara terus menerus.
"Cuti besar ini silakan diambil oleh PNS untuk berbagai kepentingan misalnya untuk menjalani ibadah haji," tambahnya.(*)
[gmc/dtc/toy/eds]
Sumber: detikcom

Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT