Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Muhammad Amin Ajak Masyarakat Kampanye Imunisasi Measles Rubella

Minggu, 05/08/2018 | 13:51 WIB
Reporter: Syafruddin/ Eed Setiawan | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Foto: Biro Humas NTB
Mataram (NTB), GetarMerdeka.com - Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin SH., M. Si mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan program tersebut dengan cara melakukan imunisasi pada anak usia 9 bulan-15 tahun. Ajakan tersebut disampaikan Wagub Amin saat Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi NTB, di Pendopo Gubernur NTB, Jum'at (3/8/18). Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) dengan Pemerintah Provinsi NTB.
Menurutnya, pada tahun 2020, Indonesia telah berkomitmen untuk menghilangkan penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tersebut adalah dengan kampanye melalui imunisasi massal dan introduksi imunisasi campak dan rubella. Imunisasi massal (MR) ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat.
Karena itu, Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin SH., M. Si mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan program tersebut dengan cara melakukan imunisasi pada anak usia 9 bulan-15 tahun. Ajakan tersebut disampaikan Wagub Amin saat Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi NTB, di Pendopo Gubernur NTB, Jum'at (3/8/18). Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) dengan Pemerintah Provinsi NTB.
Wagub yang hadir bersama isteri, Hj. Syamsiah M. Amin menegaskan kegiatan kampanye Imunisasi Measles Rubella merupakan uapaya sangat penting bagi masa depan kita, khususnya anak-anak. Sebab menurut Wagub, anak-anak merupakan pewaris sekaligus penerus. Karena itu tambanhya, anak-anak harus sehat.
Selain itu, poin penting yang harus diperhatikan menurut Wagub adalah petugas di lapangan yang akan bertugas selama bulan Agustus dan September. Ia menilai tugas tersebut tidak mudah, harus dicermati dalam jangka waktu dua bulan. "Di cek kembali ada berapa petugas yang harus kita kerahkan, karena itu ketersediaan obat harus dipastikan pula, ini juga harus tersosialisasi dengan baik,” tegas Amin.
Wagub berharap kegiatan ini dapat mencapai sasaran, yaitu seluruh anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, yang berjumlah kurang lebih 1.300.000 orang. Pelaksanaan kegiatan ini dapat tepat sasaran dan mencapai target WHO dan UNICEF.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara, Marjito S.K.M., M. Kes, melaporkan, dalam rangka menyukseskan imunisasi massal MR tahun 2017-2018, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengajak Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dan LSM untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.
"Kampanye imunisasi MR merupakan imunisasi untuk memutus rantai campak dan rubella, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah pusat untuk mewujudkan Indonesia bebas campak tahun 2020", ungkapnya.
Kegiatan pencanangan kampanye imunisasi campak dan rubella dibagi dalam dua fase, fase pertama dilakukan pada bulan Agustus-September 2017 di enam Provinsi di Pulau Jawa. Dalam fase pertama, pemberian imunisasi akan dilakukan diseluruh sekolah, terdiri dari PAUD, Taman Kanak-Kanak, SD/MI/sederajat, SDLB dan SMP/MTs dan SMPLB sepanjang bulan Agustus 2017, selanjutnya bulan september 2017 pemberian imunisasi untuk anak-anak diluar usia sekolah dilakukan di pos-pos pelayanan imunisasi seperti Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Rumah Sakit dan fasilitas lainnya.
Fase kedua dilaksanakan bulan Agustus-September 2018 di 28 Provinsi di seluruh Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Nantinya, pencanangan secara resmi oleh Wagub NTB akan menandai dimulainya pemberian imunisasi secara massal di Provinsi NTB.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi NTB beserta isteri, Perwakilan Unicef, Perwakilan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, FKPD NTB. Wagub dan Sekda NTB juga langsung menyaksikan pencanangan imunisasi pada perwakilan balita dan anak - anak.
Image and video hosting by TinyPic
[hms/syf/eed/gmc]


Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT