Follow Us

|
JADWAL SHOLAT Subuh 04:40:55 WIB | Dzuhur 11:59:10 WIB | Ashar 15:19:22 WIB | Magrib 17:52:17 WIB | Isya 19:04:59 WIB
BERITA UTAMA

Trauma Healing pasca gempa terus dilakukan upaya medis

Minggu, 05/08/2018 | 13:42 WIB
Reporter: Syafruddin/ Eed Setiawan | Red IT: Firman Wage Prasetyo
Getty Images ©2018 GetarMerdeka.com - Warga Korban Gempa Foto: Biro Humas NTB
Mataram (NTB), GetarMerdeka.com - Upaya penanangan para korban, pacsa gempa beberapa waktu lalu, terus diikhtiarkan pemerintah Provinsi NTB. Melalui BPBD dan RSUD Provinsi NTB, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi meminta seluruh jajajaran Pemprov. NTB untuk memastikan bahwa penanganan tersebut terus dilakukan secara tepat dan mengenai sasaran. Termasuk upaya medis dan trauma healing bagi para korban, Jum’at (03/08/2018).
Di samping memastikan terpenuhinya kebutuhan logistik setiap hari, Gubernur meminta agar upaya-upaya trauma healing juga terus digenjot. Seperti yang dilakukan oleh RSUD, BPBD Provinsi NTB bekerjasama dengan seluruh jajaran TNI/Polri, Kementerian Sosial, LSM, tokoh agama, pemuda serta berbagai pihak yang peduli dengan para korban gempa, saat melakukan trauma healing pada ratusan anak di Kecamatan Sambalia dan Sembalun.
Selain itu, seluruh jajaran tersebut telah berupaya untuk merehabiltasi rumah serta fasilitas umum, seperti sarana ibadah dan sarana pendidikan yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,4 SR beberapa waktu lalu itu. Tentunya, sinergi dari berbagai pihak tersebut turut memberikan kekuatan bagi pemulihan korban, baik dari aspek perumahan maupun aspek psikologis.
Gubernur juga menerima laporan dari Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD) Provinsi NTB, bahwa pemerintah Provinsi telah bekerjasama dengan Relewan Tim medis dari Mapadok Fakultas Kedokteran UNISSULA Semarang. Tim Medis RSUD Provinsi dan Tim medis dari Mapadok telah melakukan pembekalan anak-anak korban gempa dengan melakukan games dan cerita untuk membantu menghilangka trauma paska gempa.
Tim tersebut terus berupa agar stock obat dan tim media tetap tersedia di posko obel-obel bersama, yang dipimpin Dr. Novel. Tim juga telah melakukan evakuasi warga lokal untuk penanganan medis dengan ambulance ke posko medis. Tim juga melakukan penangan korban paska gempa, seperti luka jahitan dan paska melahirkan yang mengalami pendarahan.
Dilaporkan juga kepada Gubernur bahwa tim telah mendirikan tenda (pleton) UNICEF di posko untuk kebutuhan pembelajaran trhadap anak-anak. Serta melakuan pembersihan area posko dari sampah-sampah dan pemasangan tempat sampah.
Image and video hosting by TinyPic
[hms/syf/eed/gmc]


Indonesia Satu

Merdeka Network


ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTISEMENT SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI

ADVERTORIAL NTB GEMILANG JILID II ZUL ROHMI
ADVERTISEMENT